SMK NEGERI 1 SALAM

Jl. Krapyak, Seloboro, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Do All Things Totally

Field Survey KOICS Korea Selatan ke SMK N 1 Salam

Jum'at, 13 September 2019 ~ Oleh Siti Nurul Ahyati ~ Dilihat 82 Kali

Pada hari Rabu, 5 September 2019, SMK Negeri 1 Salam menerima kunjungan 2 orang dari  KOICS( Korea International Cooperation Service) . KOICS adalah sebuah perusahaan Republik Korea Selatan yang terlibat dalam kegiatan kerjasama pembangunan internasional yang nantinya akan bekerja sama dengan KOICA untuk mengirimkan tenaga sukarelawan dari korea ke berbagai negara berkembang.  

KOICA (Korea International Cooperation Agency) merupakan lembaga hibah dari Pemerintah Republik Korea Selatan yang memiliki program membagikan pengalaman edukasi kepada dunia, termasuk Indonesia. Saat ini KOICA memiliki Program World Friends Korea (WFK) yang merupakan program penempatan volunteer/sukarelawan dari Korea untuk berbagi pengalaman ke Indonesia.

Dipilihnya SMK Negeri 1 Salam oleh KOICS sebagai penerima program ini adalah sebagai tindak lanjut dari hasil pelatihan yang dilaksanakan oleh salah satu gurunya yaitu ibu Hera Yuliana, SP. yang beberapa bulan dalam program magang 1000 guru ke luar negeri yang lalu melakukan pelatihan selama 21 hari ke korea selatan dimana KOICS inilah sebagai pengelola kegatan pelatihan tersebut. Selanjutnya KOICS menawarkan kerjasama tindak lanjut kepada sekolah-sekolah yang kemaren ikut magang dikorea melalui Program World Friends Korea milik KOICA. Dan terpilihlah beberapa SMK Pertanian Di jawa tengah yang berhasil mendapatkan tawaran kerjasama ini yaitu SMK N 1 Salam, SMK N 1 Bawen dan SMK N 1 Kalibagor.  

SMK Negeri 1 Salam sebagai calon penerima program WFK mendapatkan kunjungan dari pihak KOICS yang diwakili oleh Mr. Cho Hyunmin sebagai Direktur KOICS dan Mrs. Ran sebagai  wakil direktur KOICS untuk menilai kelayakan penempatan sukarelawan sekaligus melakukan penjaringan peminatan terhadap program WFK. Jauh hari Sebelumnya pihak KOICS juga melakukan koordinasi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Pemerintah Pusat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah tentang program WFK ini, dan pemrintahpun menyambutnya dengan positif.

Kepala SMK N 1 Salam, juga menyambut dengan positif  dan berharap program WFK ini dapat meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran berbasis teknologi di SMK N 1 Salam agar para lulusan SMK nantinya dapat terserap di pasar kerja luar negeri, khususnya pada program g to g ke Korea Selatan. Beliau juga menyampaikan kepada pihak KOICS bahwa berdasarkan data dari BKK SMK N 1 Salam alumni yang terserap kerja di luar negeri juga banyak diantaranya yang bekerja di Korea Selatan sebanyak 13 alumni. Sehingga dengan program WFK ini merupakan waktu yang tepat untuk menyiapkan para siswa SMK kelas 3 agar terampil berbahasa korea dan kompetensi teknis (skill) yang dibutuhkan di dunia kerja .

Selanjutnya Mr. Cho Hyunmin dan Mrs. Ran yang sangat fasih berbahasa indonesia melakukan observasi ke masing-masing program keahlian yaitu  Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Perikanan dan Agribisnis Hasil Pertanian untuk menggali peluang bantuan baik itu peralatan an sarana penunjang pembelajaran. Dari hasil observasi ini KOICS akan mengolah dan mengajukan ke pihak KOICA (Korea International Coorperation Agency) agar penempatan sukarelawan sesuai dengan  pengembangan kapasitas di SMKNegeri 1 Salam.  Rencananya KOICA memberikan rekomendasi penugasan relawan WFK kurang lebih selama 10 bulan dengan segala biayanya. Mr. Cho Hyunmin berharap selama penugasan relawan nanti, sekolah diharapkan tidak segan segan aktif meminta bantuan kepada relawan, sehingga waktu 10 bulan tersebut dapat efisien menghasilkan kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan sekolah. Bahkan sukarelawan ini  juga akan membantu pembuatan proposal bantuan baik itu peralatan maupun sarana pembelajaran yang dibutuhkan untuk diajukan ke pihak pemerintah korea selatan.

Semoga SMK Negeri 1 Salam  berhasil menerima Program World Friends Korea (WFK) sehingga dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan para sukarelawan dari KoreaSelatan.(HY)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT