SMK NEGERI 1 SALAM

Jl. Krapyak, Seloboro, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Do All Things Totally

Kunjungan Industri Program Keahlian APHP ke PT.Yakult

Kamis, 31 Mei 2018 ~ Oleh Siti Nurul Ahyati ~ Dilihat 915 Kali

Cintailah Ususmu Yakult Setiap Hari

Pada Kunjungan Industri  Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Di  PT.  Yakult Indonesia Persada

di Jl. Ngoro Industri Persada blok CC-1 Mojokerto Jawa Timur

 

Kamis, 3 Mei 2018 Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK N 1 salam Magelang melaksanakan kunjungan industri di PT.  Yakult Indonesia Persada di Jl. Ngoro Industri Persada blok CC-1 Mojokerto Jawa Timur sebanyak 125 siswa dan 16 guru pendamping.

PT.Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Penemu susu fermentasi ini adalah ahli mikrobiologi Jepang bernama Dr.Minoru Shirota. ia berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakeri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan pencernaan seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga bisa sampai ke usus halus dalam keadaan hidup. Dia kemudian menjadi orang pertama yang berhasil memperkuat dan budaya strain lactobacillus, yang sekarang dikenal sebagai Lactobasilus Casei Shirota StraiLactobasilus sendiri berarti batang, sedangkan Casei berati keju dan Shirota Strain adalah penemunya. 

 

Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula. Dalam kesempatan itu siswa siswi smkn 1 salam banyak menanyakan tentang Yakult karena tanpa menggunakan bahan pengawet, tanpa zat pewarna, hanya memiliki satu rasa dan satu warna, dibuat secara higienis yang telah menerapkan ISO 22000 , ISO 9001 serta mendapatkan pengakuan dari badan POM MUI yang diperbarui setiap 2 tahun sekali.

 

Yakult merupakan pelopor minuman probiotik yaitu bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Yakult memfokuskan diri sebagai minuman kesehatan sehingga sangat memperhatikan kualitas produknya. Masa kadaluarsa Yakult hanya 40 hari sejak diproses dari pabrik. Hal ini membuat produk yanga da di pasar adalah produk yang segar dan baik. Yakult hanya bisa disimpan dalam suhu 00 – 100 Celcius. Yakult mempunyai tiga prinsip, yaitu : mencegah lebih baik dari pada mengobati, usus yang sehat adalah kunci dari kesehatan, dan harga murah.

 

 

           Dalam Kesempatan kunjungan industry di PT Yakult siswa banya menanyakan cara membuatnya yaitu dengan bahan baku yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil.

Adapun tahap produksi Yakult yaitu  :

  1. Pembibitan dilakukan secara manual. Saat pembibitan, susu bubuk disteril sehingga warnanya berubah menjadi coklat. Kemudian suhunya didinginkan dan dimasukkan ke tempat penampungan besar dan didiamkan selama satu hari.
  2. Fermentasi pada tahap ini gula mengalami proses HTST (High Temper Short Time), dan susu mengalami proses UHT (Ultra High Temper). Waktu penampungan saat fermentasi adalah tujuh hari.
  3. Pencampuran gula dan air di mix menjadi satu. Media yang digunakan adalah mesin yang berfungsi mengaduk gula pasir dan air sampai membentuk gumpalan-gumpalan halus. Hasil dari tahap ini adalah yakult konsentrat, kemudian dimasukkan ke blending pump dan ditambahkan air dan hasil akhirnya adalah yakult.
  4. Proses pencetakan botol
  5. Penyimpanan botol dilakukan dengan filter udara.
  6. Pada tahap terakhir ini menggunakan banyak sekali mesin, diantaranya adalah selector mesin dan mesin printing. Semua botol akan diisi yakult dan ditutup dan kemudian diseleksi.
  7. Pengemasan : terdiri dari proses packing, repacking, dan mesin akan menyusun produk akhir.

 

          Pengendalian mutu merupakan pengawasan terhadap kualitas yang dilakukan pada setiap tahap proses pembuatan produk.  Pengawasan mutu PT Yakult yaitu :

 

  1. Pengawasan mutu bahan baku

Untuk melakukan inspeksi terhadap barang yang datang sebelum disimpan sementara di gudang atau sebelum dipakai proses produksi. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau bahan baku yang masuk apakah sesuai dengan spec yang distandarkan. Karena biasanya bahan baku yang masuk jumlahnya banyak maka yang dapat dilakukan pemeriksaan adalah dengan sampling. Sampling dilakukan dengan tingkat kepercayaan tergantung pada keadaan bahan baku.

 

 

  1. Pengawasan mutu selama proses produksi

Pengawasan mutu selama proses produksi dilakukan oleh Quality Control Process yaitu melakukan system pengendalian mutu proses produksi secara harian dan melakukan analisa organoleptik, bahan baku, bahan dalam proses dan barang jadi pada proses produksi serta melaksanakan pengendalian mutu harian. Pengawasan mutu selama proses dimaksudkan untuk mengawasi dan mengendalikan system pengendalian mutu terhadap proses produksi sehingga dihasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi standar mutu.

  

 

  1. Pengawasan mutu barang jadi

Pengawasan mutu barang jadi atau akhir dilakukan oleh Quality Control Finished good, yaitu melaksanakan system pengendalian mutu produk akhir dan memonitoring penyimpanan barang jadi di gudang dan melakukan pemeriksaan kualitas organoleptik selama disimpan. Pada PT Yakult itu sendiri memiliki system sendiri untuk menjalankan sebuah mesin yaitu dengan Programmable Logic Controller. memanfaatkan sebuah perangkat yang dapat mengakses mesin agar mesin tersebut dapat bekerja dengan baik dan teratur.

           PT Yakult menggunakan mesin yang kompleks dalam proses pembuatannya sehingga membutuhkan strategi dan kebijakan pemeliharaan yang diperlukan agar semua peralatan yang beroperasi di dalam system tidak mengalami kegagalan dalam pengoperasiannya. Upaya pengoptimalan pemeliharaan telah sering dilakukan, semuanya bertujuan untuk menjaga keandalan dan ketersediaan system. Oleh karena itu teknik pemeliharaan pada PT Yakult lebih banyak dikonsentrasikan pada pemeliharaan pencegahan untuk menghindari kerusakan yang lebih serius.(FK)

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT